Selasa, 12 Juli 2011

administrasi guru lengkap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Kimia
Kelas : XII
Materi : Polimer
Alokasi Waktu : 2 jam Pelajaran
Standar Kompetensi : 12. Menjelaskan sistem klasifikasi dan kegunaan polimer
Kompetensi dasar : 12.1. Menjelaskan kegunaan polimer
Indikator : - Mendeskripsikan Pengertian polimer dengan benar
-Mengidentifikasi Bahan-bahan polimer dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kegunaannya

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat :
1. menjelaskan pengertian polimer
2. menjelaskan kegunaan PVC dalam kehidupan sehari-hari
3. menjelaskan kegunaan Bakelet dalam kehidupan sehari-hari
4. menjelaskan kegunaan Teflon dalam kehidupan sehari-hari
5. menjelaskan kegunaan Polietilen dalam kehidupan sehari-hari
6. menjelaskan kegunaan Karet dalam kehidupan sehari-hari
7. menjelaskan proses vulkanisasi

II. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Polimer
Polimer adalah senyawa yang memiliki struktur molekul yang sangat besar dengan berat molekul antara 500-10.000 kali berat molekul monomernya.
2. Kegunaan Polimer
a. PVC digunakan untuk pipa air, piringan hitam, alat rumah tangga, jas hujan, dan lain-lain.
b. Bakelit digunakan untuk membuat peralatan listrik, toilet, radio, pembuatan lembaran laminasi, perekat polywood.
c. Teflon digunakan untuk membuat peralatan mesin, peralatan rumah tangga, peralatan lisrik dan lain-lain.
d. Polietilien digunakan untuk membuat alat rumah tangga, saperti ember, sisir, botol minuman, kantong plastik dan lain-lain.
e. Karet digunakan untuk membuat ban.
3. Vulkanisasi adalah proses penambahan belerang pada karet yang dipanaskan sehingga karet
menjadi elastis dan kuat dalam segala cuaca.

III. KKM : 70

IV. Model/Strategi/Pendekatan/Metode
1. Model : Inquiri
2. Strategi : Diskusi
3. Pendekatan : Lingkungan
4. Matode : Diksusi – Informasi

V. Langkah – langkah kegiatan
Kegiatan Rincian Waktu
Kegiatan awal Pendahuluan :
- Prasarat Pengetahuan : Kimia karbon
- Pemberian motivasi dengan tanya jawab penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari
- Masalah : apakah plastik yang digunakan untuk alat elektronik sama dengan plastik yang digunakan untuk mengemas minyak goreng? Bagaimana cara membedaknnya?
- Pemberian Informasi tujuan pembelajaran 15 Menit
Kegiatan inti Eksplorasi :
- Membagi kelompok dan memberikan LKS pada masing-masing siswa
- Mengkaji Informasi dari buku mengenai pengertian polimer
- Mengamati benda-benda yang ada di lingkungan yang termasuk polimer
- Berdiskusi untuk mengidentifikasikan bahan-bahan berdasarkan kegunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari
Elaborasi
- Presentasi dan diskusi mengenai bahan-bhan polimer berdasarkan kegunaannya.
- Diskusi-informasi tentang proses Vulkanisasi

Konfirmasi :
- Diskusi kelas untuk menyamakan persepsi tentang kegunaan polimer dalam kehidupan sehari -hari 25 Menit








20 Menit

15 menit
Kegiatan akhir - Memberikan tugas untuk menuliskan kembali hasil diskusi mengenai pengertian polimer dan kegunaanya dalam kehidupan sehari hari
- Mengumpulkan LKS.
- Menugaskan siswa mencari benda-benda polimer yang ada di lingkungannya untuk dibawa pada pertemuan selanjutnya. 15 menit

VI. Sumber/Alat Bantu
- Sumber : Buku kimia SMA dan SMK, LKS
- Alat Bantu : Benda-benda polimer yang ada dilingkungan

VII. Penilaian
Teknik Penilaian : Tertulis
Bentuk Penilaian : Pilihan Ganda
No Indikator soal soal
1.






2.




3.






4.



5. Siswa mendefinisikan pengertian polimer.





Diberikan beberapa contoh polimer, siswa menyebutkan benda yang terbuat dari PVC.


Diberikan beberapa bahan dasar polimer, siswa dapat menyebutkan bahan dasar benda yang terbuat dari polimer



Siswa dapat menyebutkan bahan dasar suatu benda yang terbuat dari polimer berdasarkan kegunaannya

Diberikan beberapa zat yang digunakan pada proses vulkanisasi, siswa dapat menyebutkan zat yang digunakan pada proses vulkanisasi Polimer adalah senyawa yang memiliki struktur molekul yang sangat besar, sehingga polimer disebut juga ….
A. Molekul unsure D. Biomolekul
B. Minimolekul E. Molekul
C. Makromolekul senyawa

Dibawah ini merupakan benda-benda yang termasuk polimer. Benda yang berbahan PVC adalah ….
A. Ember C. Panci D. Saklar
B. Paralon E. Ban

Perhatikan gambar berikut :
(gambar ban mobil)
Polimer yang digunakan untuk membuat benda tersebut adalah………
A. PVC C. Teflon E. Karet
B. Bakelit D. Polistirena

Untuk membuat peralatan listrik digunakan bahan polimer …..
A. Melamin C. Bakelit E. PVC
B. Polietilen D. Ban
Zat yang ditambahkan pada proses vulkanisasi sehingga karet menjadi elastis dan kuat dalam segala cuaca ……..
A. Karbon C. pasir E. Karet
B. Garam D. Belerang


Teknik Penskoran :
Skor masing-masing soal : Jika betul 1 dan jika salah 0
Nilai : Jumlah skor x 2




Kulon Progo, Januari 2011
Guru Bidang Studi


KHOMARUDIN, S.Pd
NIP: 19700610 200701 1 027



Lembar Kerja Siswa (LKS)

1. LANGKAH KERJA
Amati dan identifikasi benda-benda yang termasuk Polimer yang ada dilingkungan, dan catat data hasil pengamatan pada tabel pengamatan !

2. TABEL PENGAMATAN
No Benda Nama Benda Kegunaan Bahan Polimer
1




2






3







4





5




6

7





8


3. PERTANYAAN
1. Berdasarkan data hasil pengamatan, kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan bahan polimernya !
2. Sebutkan kegunaan dari bahan-bahan polimer tersebut !

4. KESIMPULAN
Berdasarkan data hasil pengamatan diatas apa yang dapat disimpulkan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar